SEMIOTIKA DALAM KEHIDUPAN KESEHARIAN SAYA

    Seperti yang sudah dijelaskan Semiotika sendiri dapat dikatakan sebagai ilmu tentang tanda. Ferdinand de Saussure itu sendiri membahas tentang semiotika tersebut dari perkataan ataupun kalimat yang diucapkan. Kajian Semiotika memiliki beberapa dimensi dasar yaitu sintatik, semantik dan pragmatik.

    sebuah tanda terdiri dari dua bagian yaitu signifier (penanda) dan juga signified (petanda). Signifier itu berarti element fisik dari tanda seperti suara maupun gambar, dan sedangkan Signified suatu bentuk dari gambaran yang kita pikirkan ataupun konsep.

    Berikut contoh semiotika yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari saya seperti saya sedang belajar untuk mengingat materi akan selanjutnya saya sedang berfokus akan materi tersebut dan adik saya berada disamping saya sedang bermain game online. saat itu adik saya sangat berisik dengan teman game onlinenya, dan saya tidak bisa berkonsentrasi akhirnya saya memberi tanda dengan jari telunjuk saya di mulut saya. maknanya yang saya sampaikan itu bertujuan untuk memberitahu adik saya bahwa saya sedang berkonsentrasi belajar dan untuk mengecilkan volume game online dia.

Comments

Popular posts from this blog

GAYA HIDUP JEROME POLIN SEBAGAI MAHASISWA DI JEPANG DENGAN MENGGUNAKAN SEMIOTIKA

RIVIEW ARTIKEL JURNAL